phone: +62815-7104409
e-mail: adjat91@gmail.com

Sunday, January 11, 2015

MENAKLUKAN BOS INSTING



Dari semua mesin kecerdasan tipe insting ini sangat sedikit, mungkin bisa dikatakan 5%.  Tipe Bos Insting memiliki kecerdasan yang merujuk pada indera ketujuh jika mengambil keputusan, menjadikan orang ini spontan, pragmatis, rela berkorban, cenderung  serba bisa, responsif, kompromis dan bahkan dapat dikatakan memiliki rata-rata ke empat mesin kecerdasan lain (Sensing, Thinking, Intuiting dsn Feeling) sehingga bisa dikatakan sebagai seorang bunglon. Kelemahannya adalah plin-plan, temperamental, serba tanggung, dan kurang ambisius.

1.       Prinsip pertama untuk menaklukkan setiap BOS adalah selalu masuk melalui Mesin Kecerdasannya (MK).
v  Dia itu bunglon, bisa menjadi seorang bos sensing, bos feeling, bos thinking dan bos intuiting sehingga kelihatan seperti serba tanggung, yang mana yang dominan maka anda menyesuaikan dan menaklukannya tergantung karakter mana yang keluar.
v  Dia itu bicaranya to the point, jadi jangan muter-muter ngomongnya. Sebelumnya sampaikan beberapa poin penting yang sudah disampaikan oleh atasan anda, karena dengan melakukan hal tersebut anda akan terlihat paham dengan masalah yang ada. Apabila atasan sudah mengiyakan baru ungkapkan pendapat Anda dengan alasan yang kuat untuk mendapatkan target yang diinginkannya. Sikap tenang dan fokus pada masalah menjadi cara jitu dalam menanggulangi adu argumen setelah Anda mengungkapkan pendapat.
v  Dia itu kompromis, jadi jika ada perbedaan apapun itu, kompromikan saja dengannya tetapi pastikan bahwa hasil kompromi tidak merugikan.
v  Dia itu responsif, jadi kamu juga harus cepat merespon apapun yang jadi permintaan dia, selanjutnya pelajari apa sebernarnya yang dia mau, jika belum jelas tentang tugas yang diberikan segera untuk mengkonsultasikanya.
v  Dia itu suka kesederhanaan. Jangan bicarakan hal yang kompleks. Jangan berlebih dalam penampilan.  Dia itu rela berkorban untuk kepentingan yang lebih besar jadi milikilah mentalitas yang sama dengannya.

2.       Prinsip yg kedua adalah bantu si BOS lakukan apa yang jadi kelemahannya. Sehingga dia akan selalu butuh kita.
v  Dia itu temperamental, jadi jangan stres kalau dia lagi marah, nanti nggak lama juga reda sendiri.  Konfrontasi Membalas teriakan dengan teriakan memang bukan cara yang tepat. Namun, pikirkan lagi apakah kondisi yang Anda hadapi memengaruhi kinerja dan produktivitas Anda dalam pekerjaan. Bila bos cepat marah, jangan hanya berdiam diri, katakan dengan tenang bahwa Anda membutuhkan diskusi dengan kepala dingin untuk menyelesaikan pekerjaan.
v  Dia itu suka plin-plan, anda akan sulit percaya dengan atasan yang plin plan atau kurang konsisten. Sementara itu, bos yang bisa dipercaya oleh bawahan adalah yang konsisten dan memiliki kejelasan pada setiap tindakan dan keputusannya. Karena dia atasan kita, tipe bos insting bisa melakukan seperti itu maka bantu dia dalam membuat keputusan, berikan semua informasi yang Ia butuhkan dan berikan dorongan untuk mengambil keputusan dengan berbagai alasan saat kuat.
v  Dia  itu serba tanggung, kurang ambisius, tidak ada satu hal spesifik yg menonjol. Bantu dia lakukan hal-hal spesifik itu dan pancing dia untuk punya ambisi lebih besar dimana kamu akan ikut terangkat. Berikan selalu paparan apa yang dilakukan dan dituju, anda yang memberikan dukungan orientasi pada hasil dengan memberikan panduan-panduan ringkas/general yang mudah dimengerti.

No comments:

Post a Comment