phone: +62815-7104409
e-mail: adjat91@gmail.com

Sunday, January 11, 2015

MENAKLUKAN BOS FEELING



Tipe  Bos FEELING yang memiliki kecerdasan yang merujuk pada perasaanya yang membuat orangnya bertenggang rasa, bijak, demokratis, populis, bersahabat, suka delegasi, fokus pada orang, dan memimpin.  Kelemahannya adalah moody (angin-anginan), malas mikir, dan kadang subjektif.
1.       Prinsip pertama untuk menaklukkan setiap BOS adalah selalu masuk melalui Mesin Kecerdasannya (MK).
v  Dia itu lebih sering pakai hati/perasaan daripada pakai kepala (fikiran), jadi senangkan hatinya, buat dia nyaman bekerja denganmu. Biasanya dia ingin dihargai.  Dia cenderung menyukai sanjungan dan kehormatan,  sehingga pujilah ia sesekali.  Dia juga cenderung sensitif. Sedikit saja ucapan atau tindakan yang anda lakukan terhadapnya salah, sudah cukup untuk merontokkan hatinya. Jika perasaan bersalah itu menumpuk dia pun akan menganggap Anda negatif. Apabila bos anda melakukan langkah atau perbuatannya yang salah. Anda mengingatkannya dengan cara yang santun sampai dia menyadari akan kekeliruannya tersebut. Dia akan mencari cara-cara untuk mengingatkan Bossnya sehingga dia tidak tersinggung atau kehilangan muka. Anda harus hati-hati dalam mengingatkan Boss, karena jangan sampai salah terima, kalau gegabah bisa-bisa jadi lain masalahnya.
v  Dia juga punya kemampuan diplomasi yang baik dalam mendelegasikan pekerjaan, jadi sebaiknya latih komunikasi verbal agar anda mampu berkomunikasi dengan baik sehingga target dan rencana kerja atasan bisa kita penuhi dengan baik. Dia itu pandai merayu, kalau dia mulai bermanis kata, artinya dia akan delegasikan pekerjaannya ke anda.  Katakan kalau Anda ingin melakukan yang terbaik dan akan lebih mudah melakukannya jika kondisi lingkungan mendukung.
v  Dia itu mendelegasikan atas kepercayaan, maka jaga amanahnya, berikan hanya yang terbaik Menganggap tugas yang diberikan oleh atasan sebagai suatu kepercayaan. Bawahan yang mengesankan Bossnya akan selalu ceria dan senang walaupun mendapat tugas dan pekerjaan yang cukup banyak, semakin banyak semakin senang karena merasa mendapatkan kepercayaan. Karyawan yang baik seperti ini kalau diberi tugas cepat diselesaikan dengan hasil yang memuaskan. Dalam bekerja dia hanya berpikir bagaimana cara memaksimalkan potensi dirinya untuk mengimbangi kepercayaan yang telah diberikan oleh atasannya. Dia akan berusaha bagaimana untuk tidak “mencederai” kepercayaan tersebut.
v  Dia itu flamboyan, suka tebar pesona, fansnya banyak, maka jadilah fans terdekatnya. Dia itu menghargai persahabatan, jadi jangan jaga jarak dengannya jadilah sahabatnya. Dia memiliki kebutuhan besar untuk dihargai dan dicintai. Jangan pernah mempublikasikan masalah pekerjaan Anda di depan umum, sebab bos tak akan tahan kehilangan muka di depan orang lain. Dia itu mementingkan keharmonisan tim, jadi jangan lakukan apapun yang merusak keharmonisan.

2.       Prinsip yg kedua adalah membantu si BOS dengan melakukan apa yang jadi kelemahannya. Sehingga dia akan selalu butuh kita.
v  Dia itu sering mut-mutan alias moody, jadi harus pandai tentukan kapan ajukan proposal kapan laporan dan kapan melaporkan kabar buruk dan kapan mengkritik. Jika ingin mengkritik, kritiklah tindakannya tetapi menyampaikannya dengan halus dan sopan.. Ada hal yang unik apabila mengajukan proposal saat moodnya jelek, bakal ditolak, apabila melaporkan kegagalan saat mood nya bagus, dia akan terima.
v  Dia  itu malas mikir, maka bantu dia berfikir. Jangan persulit. Sodorkan solusi, bukan masalah.
v  Dia itu kadang subjektif, maka bantu dia melihat data dan faktanya, menimbang semua informasi.

v  Dia itu motivator ulung, tetapi disisilain kadang harus mencari kawan curhat untuk memotivasi dia sendiri, jadi apabila di mengajak diskusi atau sharing sebaiknya kita menjadi pendengar yang baik.

No comments:

Post a Comment